Anak Merangkak Dengan Perut, Normalkah?

04 December 2018 - Kategori Blog

Anak Merangkak Dengan Perut,Normalkah?

Jika anak merangkak dengan cara yang sedikit berbeda dengan anak seusianya, tentu ibu akan merasa khawatir. Apakah itu normal? Mungkin sebagian Anak Merangkak dengan Perut, normalkah?

Sebenarnya apa itu merangkak? Bagaimana umumnya anak merangkak? Merangkak adalah refleks alami yang membantu bayi mengontrol tubuhnya untuk berpindah tempat sebelum bisa berjalan. Merangkak bahkan berhubungan dengan kecerdasan. Gerakan kaki tangan menyilang saat merangkak merangsang, memperkuat dan mengintegrasikan kedua belahan otak yang membantu mengkoordinasi penggunaan kedua belah mata, telinga, tangan dan kaki secara simultan.

Bayi Merangkak Dengan Perut, Normalkah?

Lalu apa fungsi merangkak untuk anak? Merangkak berfungsi untuk:

  • meningkatkan produksi myelin zat yang melapisi sel saraf di otak (myelin membantu otak mengirim dan menerima pesan lebih cepat dan jelas)
  • gerakan berulang- ulang saat merangkak merangsang dan mengembangkan sambungan jaringan saraf otak, sehingga otak lebih efisien mengontrol proses kognitif- pemahaman, konsentrasi dan ingatan.
  • membantu kecerdasan bahasa, sebab bayi dirangsang menggunakan kedua telinga secara simultan dan mengembangkan pendengaran kedua telinga.
  • menguatkan leher,lengan, sendi dan otot
  • menguatkan otot besar dan kecil, menghaluskan keterampilan motorik kasar dan halus
  • menunjang koordinasi mata dengan tangan, kekuatan, tegangan otot, keseimbangan, keterampilan jari
  • merangsang kepekaan taktil (sentuhan), visual dan kepekaan jarah jauh- dekat.

Lalu Anak Merangkak Dengan Perut,Normalkah?

Merangkak dengan perut adalah tahapan bayi untuk bergerak atau berpindah posisi. Tahapan bayi agar bisa bergerak adalah dengan menggunakan perutnya. Penggunaan perut saat bergerak ini dapat membantu bayi mengembangkan otot punggung dan leher yang kuat. Sehingga si kecil dapat melanjutkan ke tahap bergerak berikutnya seperti merangkak, duduk, dan berjalan kaki. Keterampilan merangkak diawali dengan keterampilan merayap dulu lo bu. Hal ini sangat normal untuk bayi.

Jadi, Anak Merangkak Dengan Perut,Normalkah? Sangat normal. Kita sebagai orang tua dapat mendukung perkembangan buah hati kita dengan menstimulus agar anak belajar merangkak dengan benar.

 
Chat via Whatsapp