Yuk Terapkan Social Distancing Demi Keselamatan Diri

24 March 2020 - Kategori Blog

Sejak virus covid-19 mulai merebak di Indonesia, moms tentu sering sekali mendengar kata Social Distancing. Socia distancing ini kemudian memunculkan tagar #dirumah aja di media sosial.  Tagar #dirumah aja kini ramai digunakan masyarakat untuk mendukung program pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 melalui Social Distancing. Yuk Terapkan Social Distancing Demi Keselamatan Diri

   

Lalu apa itu Social Distancing? Seberapa penting si social distancing harus kita terapkan dalam kehidupan sehari- hari ya moms?

Social distancing atau pembatasan sosial atau menjaga jarak adalah salah satu langkah pencegahan dan pengendalian infeksi virus Corona dengan manganjurkan orang sehat untuk membatasi kunjungan ke tempat keramaian dan kontak langsung dengan orang lain. Melalui social distancing diharapkan akan mengurangi kemungkinan kontak antara orang terinfeksi, atau orang yang sedang sakit atau eresiko tinggi menderita covid-19 dan orang sehat. Ketika kita menerapkan social distancing, kita harus menjaga jarak setidaknya 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain.

Contoh social distancing yang kini diterapkan di Indonesia itu misalnya:

  • bekerja dari rumah (work from home)
  • belajar di rumah secara online bagi siswa sekolah dan mahasiswa
  • menunda pertemuan atau acara yang dihadiri banyak orang seperti konferensi,s eminar dan rapat atau disarankan melakukan secara online lewat konferensi video atau teleconference
  • tidak mengunjungi orang sakit melainkan melalui telpon atau video call

Social distancing memang sangat mempengaruhi kegiatan kita sehari- hari ya moms. Karena dengan social distancing ini tentunya banyak kegiatan yang terganggu. Namun, social distancing ini sangat penting dilakukan untuk mengurangi bahkan memutus penyebaran covid-19 yang bisa ditularkan oleh orang terinfeksi covid-19 melalui droplet air liur kepada orang sehat. Nah moms, Yuk Terapkan Social Distancing Demi Keselamatan Diri.
Sebelum menerapkan social distancing, ada lo persiapan yang bisa kita lakukan sehingga mengurangi kerugian materil ataupun moril akibat social distancing ini,  diantaranya adalah:

  1. merencanakan kegiatan

Moms pasti sudah terbiasa beraktivitas ke luar rumah seperti mengantar anak atau belanja keperluan sehari- hari. Nah, jika moms harus datang ke tempat umum datanglah di siang hari di hari biasa dan bukan hari libur atau akhir pekan.

2. menyediakan obat- obatan yang diperlukan

Supaya gak usah keluar rumah terlalu sering, sebaiknya kita stok obat- obatan juga moms. Supaya ketika dibutuhkan kita tidak perlu ke luar rumah lagi.

3. memenuhi kebutuhan harian

Yuk siapkan stok makanan kebutuhan sehari- hari moms seperti makanan pokok, sabun, disinfektan, dan kebutuhan bulanan lainnya secukupnya. Ingat ya moms jangan sampai panic buying atau membeli barang berlebihan sehingga orang lain tidak kebagian dan malah membuat harga kebutuhan jadi ikut naik. Persiapkan kebutuhan harian secukupnya ya moms

4. mempersiapkan akses internet

Akses internet saat social distance itu sangat dibutuhkan untuk persiapan bekerja ataupun belajar dari rumah moms. Sediakan Wifi atau kuota internet dengan kecepatan stabil agar seluruh kegiatan yang dilakukan di rumah bisa dilakukan dengan baik. Internet juga bisa kita gunakan untuk mengakses informasi tentang perkembangan virus Corona.

Dengan persiapan- persiapan itu diharapkan semua kegiatan #dirumahaja bisa sukses dilakukan ya moms. Sehingga penerapan social distancing dapat berhasil mengurangi penyebaran virus corona. Yuk Terapkan Social Distancing Demi Keselamatan Diri moms, demi kesehatan anak- anak dan keluarga kita terhindar dari virus Corona.

 
Chat via Whatsapp